Apa Itu Router?

03.10
adsense 336x280
Tahukah anda apa itu router? 
Iya, istilah router sering digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang teknologi komunikasi (terutama internet). Router merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan menuju tujuannya. Lalu kepada siapa paket data ini dikirimkan? Kepada "mereka" yang dapat menerima jaringan paket data. Seperti komputer, PC, notebook, handphone, android dan lain sebagainya. Nah, selama proses pengiriman paket data ini disebut dengan routing. 


Bentuk router ini berbeda-beda. Ada yang berukuran kecil, sedang bahkan agak besar. Akan tetapi fungsinya sama. Hanya saja yang membedakannya adalah jangkauan pengiriman paket data. Bentuknya pun tidak sama, ada yang persegi dengan ukuran kecil dilengkapi dengan dua antena. Ada juga yang berbentuk sedikit lebih besar dengan dilengkapi tiga antena. Bahkan ada juga yang berukuran kecil dilengkapi dengan 1 antena. Lalu diantara ketiganya, manakah yang lebih bagus? Semuanya bagus akan tetapi tergantung kepada tingkat kebutuhan kita. 

Bagaimana cara kerja router? 
Router telah dirancang sedemikian rupa sehingga ia memiliki fungsi yang tidak dapat dilakukan oleh alat-alat lainnya. Router secara cerdas akan menyampaikan paket data sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Oleh sebab itu tidak akan mungkin sebuah router akan salah tujuan penyampaiannya. Pemberian paket data yang akan disampaikan oleh router, tergantung kepada pemilik router. Ada sebagian yang memberikan paket data yang berasal dari modem yang dihubungkan ke router maka secara otomatis router akan menyampaikan paket data tersebut. 


Router ini dijadikan sebagai alat utama untuk membagikan jaringan atau yang disebut dengan wifi. Sistem ini akan dapat diakses oleh beberapa alat yang juga dilengkapi oleh aplikasi wifi. Alat ini memberikan kemudahan kepada kita untuk dapat menggunakan jaringan internet tanpa harus menggunakan kabel. Hal lain yang lebih menguntungkan kita adalah alat ini merupakan alat fleksibel artinya dapat digunakan dimana saja selama berada pada kawasan jaringan yang mendukung. Jika biasanya menggunakan paket modem, dan hanya digunakan sendiri, dengan menggunakan router ini kita dapat menggunakan jaringan internet lebih dari satu pengguna.

Baca artikel paket data untuk router:
  1. Daftar pekt 3 termurah 2016
  2. Paket 3 untuk modem paling murah
  3. Paket Internet telkomsel
  4. Paket Operamni 
  5. Paket 3 GB cuma 30 Rb 
  6. Paket Internet Sesukamu
adsense 336x280

0 Response to "Apa Itu Router?"

Posting Komentar